Bencana Alam Yang Merusak Ekosistem Bawah Laut – Kabupaten Donggala dan Kota Palu, propinsi Sulawesi juga dilanda gempa dan tsunami buat Jumat (28/9). bencana alam itu menempa tak sebentar kerusakan di sebanyak ruangan termasuk destinasi rekreasi bawah laut yang tatkala ini jadi daya tarik kedatangan pelawat ke Sulawesi Tengah.

satu orang Peneliti Geofisika Kelautan Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia (LIPI), Nugroho Dwi Hananto, menuturkan bahwa tsunami amat sangat membujuk keadaan pesisir dan bawah laut sebab gelombang itu memiliki perilaku menghantam.

Bencana Alam Yang Merusak Ekosistem Bawah Laut

Bencana Alam Yang Merusak Ekosistem Bawah Laut

“Ada tiga ekosistem di perairan Indonesia. awal ekosistem koral, kedua mangrove, ke-3 padang meskipun jikalau ada mangrove depan pantai maka mungkin saja tsunami dapat diredam lantaran tidak sebentar tanaman Gelombangnya terpecah maka tak jelas pula papar Nugroho kepada CNNIndonesia.com saat ditemui di Jakarta pada Selasa (2/10).

dulu saat tsunami di Aceh dan Mentawai ada mangrove maka dapat agak mengayomi ekosistem di belakangnya. Tapi kita mesti lihat pun seberapa agung gelombang tsunaminya,” lanjutnya.

Berkaca terhadap tsunami yang menerjang Mentawai, provinsi Sumatera Barat (Sumbar), pada 25 Oktober 2010, seseorang penyelam konservasi Dive Center Minangkabau Diver, Mabruri Tanjung, mengemukakan ekosistem bawah laut di sana serentak terkena perubahaan drastis.

dirinya meyakini resiko tsunami Palu dan Mantawai dapat sama. yang melainkan tergantung vitalitas gempa dan susunan basic bawah lautnya.

“Pasca gempa di Mentawai ada beberapa pemeriksaan bawah air. rakitan penelitian itu memperlihatkan berjalan retakan di kekuatan kurang lebih 10-15 meter, retakannya menunda sepanjang garis pantai. sampai sekarang ini telapak retakannya juga dapat kelihatan kata Mabruri kala dihubungi CNNIndonesia.com terhadap Selasa (2/10).

“Ada satu ruangan yang terumbu karangnya datar, kini ini pun patahan-patahan saja sebab dahsyatnya gelombang tsunami. Terumbu karang di sana seperti digilas sarana berat. lagi pula di daerah Pantai Sikakap, ada teluk yang berkwalitas hutan mangrove dan itu khatam semua mangrovenya kena tsunami,” lanjutnya.

sedangkan bagi biota laut seperti ikan, Mabruri menyambung dipastikan kawanan ikan demersal mampu migrasi ke ekosistem terumbu karang yg tidak terdampak tsunami.

pada ikan laut ada dua tasamuh akbar ialah ikan demersal dan ikan pelagis. Ikan pelagis ini tidak bersarang, melainkan demersal bersarang di terumbu karang. Ikan itu sama seperti orang jikalau ekosistem atau rumahnya hancur maka dirinya bakal pindai Mencari lokasi terumbu karang yg tak terdampak,” kata cowok yang kembali adalah tutor selam federasi sport Selam semua Indonesia (POSSI) Sumatera Barat ini.

Sementara itu seorang mahir kelautan Sumatera Barat, Dr. Ir. Suparno, M. Si, menulis keadaan terumbu karang mentawai dalam jurnal berjudul ‘Kajian keadaan Terumbu Karang pasca Gempa dan Tsunami di Pulau Pagai Utara, Kabupaten Kepulauan Mentawai’ th 2015.

Dalam tulisannya disebutkan bila keadaan terumbu karang di Mentawai setelah tiga thn lebih pasca gempa dan tsunami tambah dalam jenis tidak baik dan belum ada pemulihan yg istimewa

saat ini persentase hidup terumbu karang di dua alam pantai di Mentawai, barat dan timur, pun tidak menggerapai 30 persen.

kepala pusat Data kabar dan Humas Badan Nasional pemerian gangguan (BNPB), Sutopo Purwonugroho mengekspresikan sampai pukul 13.00 WIB, Selasa (2/10), masyarakat negara jarang (WNA) yang terjadi dievakuasi gaji gempa dan tsunami Sulawesi masih menggapai 120 jiwa.

kepada data yg dimiliki pihaknya, sejauh ini ada 2 WNA semenjak Belgia yg lagi beruang di Sulteng ketika kendala berlangsung Namun 1 WNA Belgia telah diketahui di dievakuasi ke Jakarta.

bermula total 122 WNA asing itu ada WNA permulaan Singapura (2), Belgia (2), Perancis (8), Spanyol (1), Vietnam (11), Thailand (30), China (21), Sri Lanka (7), Belanda (7), Jerman (20), Swiss (1), Timor Leste (4), dan Hong Kong (2).

Sutopo menandatangani ratusan WNA itu waktu ini mendapatkan prioritas buat dievakuasi menggunakan pesawat Hercules baik mulai sejak Palu menuju Jakarta atau semenjak Palu menuju Makassar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *